Kamis, 23 Juni 2016

Jenis Olahraga Atletik Dan Penjelasannya

Jenis Olahraga Atletik Dan Penjelasannya

Olahraga Atletik termasuk olaraga yang paling banyak dilombakan pada ajang ajang olimpiade asia ataupun dunia. Olahraga atletik pada dasarnya hanya tiga kelompok yaitu lari, lempar dan tembak. Olahraga atletik juga bisa dikatakan Induk Olahraga, karena dalam cabang atletik terdapat gerakan-gerakan dasar olahraga lainnya

jenis olahraga atletik dan penjelasannya
Olahraga Atletik
Olahraga Atletik adalah Atletik yang berasal dari bahasa Yunani (terletak diujung tenggara benua Eropa) yaitu "athlon" yang mempunyai arti yaitu kontes. Perlombaan pertama olahraga atletik terjadi pada 776 SM dalam Olimpiade.

Dan diindonesia sendiri mempunyai organisasi untuk olahraga atletik yaitu PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Berikut saya coba jabarkan dan jelaskan jenis olahraga atletik dan penjelasannya

1. Lari
Lari adalah Olahraga yang paling digemari oleh semua orang dan paling mudah untuk dilakukan. Meskipun tidak semua orang menyukai olahraga ini karena semata-mata untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, seperti melakukan olahraga pada waktu pagi hari. Dalam banyak jenis cabang kejuaraan olahraga lari, seperti lari marathon, lari estafet, sprint, lari jarak 100 meter dan juga jalan cepat serta masih banyak lagi olahraga lari lainya. Pada perlombaan lari cara agar dapat memenangkan pertandingan adalah dengan melatih kekuatan fisik, konsentrasi dan diperlukan strategi yang tepat supaya dalat menjaga ritme kecepatan ketika berlari secara baik.

2. Tolak Peluru
Tolak peluru merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara menolakan logam yang berbentuk bundar mirip dengan sebuah peluru. Pada permainan ini sistem penilaian dilakukan dengan mengukur jarak jauhnya tolakakn peluru, jika semakin jauh daya tolakan maka dalam melakukan lemparan maka akan semakin bagus nilai yang akan didapat. Dalam melakukan lomparan usahakan arahkan tolakan peluru ke tempat yang telah disediakan, bila peluru yang dilempar jatuh di luar dari lingkaran akibatnya atlit tidak akan mendapatkan point dan terkena diskualifikasi.

3. Memanah
Apakah kamu tahu olahraga memanah? Pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga memanah? Ya, biasanya di dalam film fantasi banyak pemeran tokoh utama yang menggunakan alat panah sebagai senjata. Dalam perlombaan olahraga memanah atlit harus fokus pada papan khusus dimana terdapat sebuah lingkaran yang memiliki titik yang harus dibidik. Semakin akurat dan medekati titik pusat, maka semakin tinggi nilai yang akan didapatkan.

4. Menembak
Menembak adalah salah satu cabang dalam olahraga atletik menggunakan sebuah tembakan dengan spesifisasi standar tertentu. Pada permainan olahraga ini kamu akan belajar konsentrasi dan fokus pada tujuan yang akan dibidik. Peluru yang digunakan untuk menembak adalah peluru karet. Sistem penilaian yang dipakai dalam pertangan adalah dengan menghitung tingkat akurasi pada papan tembakan.

5. Angkat Besi
Diperlukan tenaga serta otot yang kuat dalam melakukan olahraga angkat besi. Kamu harus mengangkat beban dengan berat tertentu sesuai kemampuan yang kamu bisa dan sesuai tingkatan berat yang ada pada olahraga angkat besi. Atlit harus mengangkat beban menggunakan tangan dengan sapai berada di atas kepala dan posisi tangan harus lurus. Penilaian yang digunakan adalah jika atlit dapat mengangkat beban dengan sempurna atau dalam kecepatan waktu tertentu.

6. Lompat Tinggi
Pada cabang olahraga atletik yang satu ini diperlukan kelenturan kerampilan dalam melenturkan tubuh. Lompat tinggi dilakukan dengan cara melompat setinggi-tingiinya kenudian atlit harus melewati mistar melintang yang sudah ditentukan ketinggianya. Apabila kamu menyentuh kemudian mistar terjatuh, maka lompatan yang sudah dilakukan dianggap gagal dan tidak mendapatkan nilai.

7. lompat Jauh
Cabang olahraga atletik yang satu ini sangat mudah dilakukan karena kamu mungkin sudah biasa dalam melompat. Cara melakukan lompat jauh yaitu dengan sprint kemudiian melompat sekuat dengan sekuat tenaga agar mendapatkan lompatan terjauh. Para atlit lompat jauh profesional terus berlatih menguatkan otot kaki, karena hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan lompatan. Umumnya mereka dapat melakukan lompatan dengan jarak sejauh 5 sampai 7 meter.

8. Lempar Lembing
Lempar lembing merupakan cabang olahraga atletik dengan menggunakan lembing (tombak) sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pada olahraga ini atlit harus melakukan lemparan lembing dengan kemampuan yang maksimal. Olahraga ini memerlukan keseimbangan tubuh, kekuatan kaki dan kecepatan. Jarak lemparan akan dihitung dari tancapan ujung lembing yang ditancapkan.

9. Lompat Indah
Olahraga lompat indah dilakukan dengan menggabungkan lompatan dangaya akrobatik. Olahraga ini dilakukan dengan lompatan dengan ketinggian tertentu, kemudian saat atlit berada di udara harus melakukan gerakan yang memenuhi nilai keindahan dan estetika. Hal ini dilakukan sebelum atlit terjatuh ke dalam kolam yang telah disediakan.

10. Lompat Galah
Mirip dengan olahraga lompat jauh yaitu atlit harus melompat dengan tenaga penuh selanjutnya melewati mistar melintang dengan ketinggian yang telah ditentukan. Namun, olahraga ini atlit dapat menggunakan alat bantu yaitu berupa galah agar bisa melompat lebih tinggi

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai jenis olahraga atletik dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman semua. terimakasih