Senin, 20 Juni 2016

Penjelasan Dan Peraturan Olahraga Rugby

Penjelasan Dan Peraturan Olahraga Rugby

Olahraga Rugby termasuk olahraga yang kurang populer di indonesia. Saya sendiri juga tahu olahraga rugby ini dari televisi dan mungkin teman teman juga kurang mengetahuinya untuk itu saya coba jelaskan tentang olahraga rugby ini sekedar untuk menambah wawasan yang suatu saat kita butuhkan. Kita simak saja dibawah ini

penjelasan dan peraturan olahraga rugby
Olahraga Rugby
Penjelasan Olahraga Rugby

Olahraga Rugby adalah Olahraga dengan bola sebagai obyek utama untuk dibawa melewati garis gawang musuh dan membantingnya ke tanah untuk memperoleh nilai. Mungkin terdengar sederhana tapi ada satu yang perlu di tangkap. Untuk membawa bola ke depan, bola harus dilempar ke belakang.

Olahraga Rugby juga salah satu cabang olahraga seperti sepakbola tim. Olahraga rugby ini dimainkan oleh dua tim, para pemain pada setiap timnya akan mencoba berusaha mencetak skor dengan menyepak, melontarkan, atau membawa bola tersebut sehingga mereka bisa mencetak sebuah gol ke lawan atau dengan cara menyentuh pada garis belakang lawan. Hal itulah yang membuat rugby merupakan olahraga yang mempunyai aspek keunikan dan juga berbeda dengan olahraga yang lainnya.

Sejarah olahraga rugby juga menulis bahwa di tahun sekitar 1823, di sebuah pertandingan sepakbola pada acara di sekolah tepatnya di kota Rugby di Inggris, ada seorang anak laki-laki yang bernama William Webb Ellis kemudian lantas mengambil bola dan kemudian terus berlari menuju ke garis lawan. Kemudian setelah dua abad berlalu, sepakbola rugby ini mampu berevolusi menjadi sebuah cabang olahraga yang sangat populer di dunia, terlihat dari jutaan orang yang bermain, menyaksikan sekaligus menikmati dari permainan sepakbola rugby ini

Perbedaan olahraga Rugby dengan American football mempunyai perbedaan yaitu olahraga rugby tidak menggunakan alat pendukung sedangkan american football menggunakan peralatan seperti helm, padding dan juga sepatu

Peraturan Olahraga Rugby

Tangan Tak Boleh Terkepal
Untuk merebut bola lawan, pemain bisa melakukan tekel. Dalam rugby, hanya pembawa bola yang boleh ditekel. Dan saat menjatuhkan pembawa bola, penekel harus sama-sama menjatuhkan diri. Tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan membanting karena risiko cederanya lebih tinggi. Pembawa bola diperbolehkan menggunakan tangannya untuk menjauhkan lawan yang hendak menekelnya, hanya saja telapak tangannya harus terbuka. Tangan mengepal adalah sebuah pelanggaran.

Mirip dengan American Football, ketika pembawa bola jatuh dan bola masih berhasil dipegang, permainan akan dimulai kembali. Dalam rugby, hal ini diistilahkan dengan nama scrum.

Seperti halnya dalam sepak bola, jika pemain melakukan pelanggaran yang dianggap keras, wasit akan memberikan kartu kuning. Dalam rugby, pemain yang mendapat kartu kuning harus meninggalkan lapangan selama 10 menit sebelum diperbolehkan masuk kembali. Jika pelanggaran dianggap terlalu berbahaya, wasit akan mengeluarkan kartu merah dan pemain tidak boleh melanjutkan pertandingan. Rugby tidak mengenal akumulasi kartu kuning seperti dalam sepak bola.

Benturan Badan Tak Boleh Emosi
Sudah menjadi kodrat rugby sebagai sebuah olahraga yang sarat kontak fisik. Meski begitu, rugby tak punya persyaratan minimal tinggi maupun berat badan untuk bisa dimainkan. Orang yang kurus kecil sekalipun bisa ikut bermain dan menjadi seorang pemain kunci. Ini karena rugby membuat sebuah sistem pembagian peran yang mengakomodir pemain dengan beragam bentuk fisik.

Secara garis besar ada dua tipe pemain rugbi : pemain depan (penyerang) dan pemain belakang (bertahan). Pemain yang bertubuh besar umumnya sebagai penyerang, sedangkan mereka yang ramping dan gesit menjadi pemain bertahan. Pemain bernomor punggung 1-8 berperan sebagai penyerang, sedangkan 9-15 sebagai pemain bertahan

Demikian Penjelasan dan peraturan olahraga rugby. semoga bermanfaat buat teman teman semua