Rabu, 22 Juni 2016

Sejarah Olahraga Anggar Didunia

Sejarah Olahraga Anggar Didunia

Seperti yang kita ketahui olahraga anggar ini termasuk cabang olahraga yang di pertandingkan di kejuaraan kejuaraan asia dan dunia. Indonesia sendiri termasuk rutin ikut dalam cabang olahraga anggar ini. Saya coba mengulas sedikit yang saya peroleh dari berbagai sumber sejarah olahraga anggar yang ada didunia

Sejarah olahraga anggar didunia
Olahraga Anggar
Pada zaman dahulu kala sebelum ada senjata modern, setiap bangsa sudah beranggar untuk membela diri dengan menangkis ataupun menyerang. Sesuai yang dinyatakan oleh Dugan, Ken and Dewitt,R.T (1978 : 153) bahwa alat yang dipergunakan adalah barang apapun juga, baik dari kayu maupun dari besi untuk menangkis bila mendapat serangan. Taylor, James (1991 : 1) menyebutkan bahwa terdapat cerita sejarah lukisan dalam Makam Seragon telah ditemukan sebilah pedang pendek terbuat dari tembaga yang menurut dugaan sudah berumur + 5000 tahun dan merupakan senjata anggar yang pertama . Seragon adalah raja pertama dari Kerajaan Purba di sekitar sungai Euphrat Mesopotamia. Menurut pahatan lama + 3000 tahun yang lalu bangsa Mesir, Yunani, dan Tionghoa Kuno sudah mahir dalam permainan anggar dengan cara lama.

Anggar merupakan olahraga permainan duel satu lawan satu dengan menggunakan pedang dengan penilaian berdasarkan tusukan (degen dan floret) atau sabetan (sable).Ada tiga macam pedang dalam olahraga Anggar yaitu :

1. Pedang Degen
            Sasaran : Seluruh tubuh
2. Pedang Floret
            Sasaran : Badan
3. Pedang Sabel
            Sasaran : dari kepala sampai dadan

Sejarah olahraga Anggar di Indonesia

Olahraga anggar sendiri datang ke Indonesia di bawa oleh bangsa Belanda pada jaman penjajah dulu. Pada waktu itu para tentara belanda diwajibkan untuk mempunyai kemampuan menggunakan pedang atau sangkur yang tujuannya dalah untuk berperang. Latihan untuk menggunakan senjata pedang yaitu dinamakan latihan anggar. Dan ternyata kemampuan anggar tidak hanya untuk memainkan pedang,namun untuk olahraga yang dapat dipertandingakn dengan aman.

Pada jaman penjajahan Jepang (Nippon). Tidak ada informasi yang jelas tentang perkembangan anggar di Indonesia. Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945. Banyak orang-orang yang menjadi mantan instruktur militer belanda yang menjadi guru di Akademi Militer Yogyakarta yang menjadi guru yang mengajrkn perminan anggar baik untuk berkelahi menggunakan sangkur maupun untuk berolahraga.
Di Indonesia, olahraga anggar dipertandingkan pertama kali yaitu pada pecan olahraga yang pertama tahun 1948 di Solo, Jawa Tengah.  Sampai sekarang olahraga anggar selalui di ikutkan baik dalam olahraga yang berskala tingkat nasional PON, maupun olahraga tingkat internasional (OLimpiade).
Perkumpulan anggar di ibukota kita, Jakarta, didirikan oleh Kasimin Atmosoewirjo, Soekarno, dan Drh. Singgih. Di awal tahun 1950, Kasimin Atmosoewirjo mulai mengembangkan olahraga anggar di Jakarta bersama dengan puteranya yang bernama Suratmin. Perjuangan para guru anggar yang telah merintis olahraga anggar di tanah air selanjutnya dikembangkan oleh para penerus. Baik oleh murid, anak, maupun cucu, sehingga pada saat ini olahraga anggar dapat terus berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

Olahraga anggar sekarang sudah cukup digemari oleh penduduk indonesia karna olahraga ini bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Mungkin cukup sekian penjelasan singkat dari saya mengenai sejarah olahraga anggar didunia